Follow Us @farahzu

Monday, July 15, 2013

Lelong

Ramadhan kali ini tentunya spesial sekali buat saya. Tentu saja, ini Ramadhan pertama saya di kampung orang. Dan yang lebih tentu saja, ini Ramadhan pertama saya jadi istri. Alhamdulillaah, doa saya beberapa Ramadhan sebelumnya telah terkabul :)

Jujur saya panik di akhir-akhir Sya'ban. Duh gimana nih sahur.. masak apa nih.. bangun gak ya... Sampai di sore Sya'ban terakhir, saya masih browsing menu-menu sehat (yang tentu saja praktis paling penting, hehe) untuk sahur. Juga tanya-tanya teman-teman di kantor yang sudah menikah; masak apa, bumbunya apa, caranya bagaimana. Tetot. Akhirnya jam 5 sore saya membawa pulang kertas-kertas catatan tentang masakan tadi. 

Selepas maghrib, saya langsung mendorong-dorong suami ke pasar untuk belanja dan stok bahan. Nah, namanya juga udah malem, yang saya dapat tinggal sisanya orang-orang. Lalu pulang, bersih-bersih, shalat isya sampai tarawih sendiri, langsung deh nyiangin sayuran, ngupasin bawang, dll buat sahur. Tensi tinggi deh. hahaha...

Akhir pekan (Sabtu), saya sudah janjian dengan teman kantor yang newlywed juga (sebulan, lebih parah) untuk ke pasar pelelangan ikan laut dekat pantai Losari. Orang biasa menyebutnya Lelong.

Begitu masuk, jeng jeeeeeeng semuanya ikan. Ikan laut. DI sini kayaknya emang ga ada ikan sungai deh. Daaan saya sama sekali buta tentang ikan mentah! Alhasil saya cuma membuntuti kawan saya di belakang sambil tanya-tanya ini ikan apa itu ikan apa. Cuma berbekal tujuan, "Mba Sheren, aku mau beli ikan sunu", akhirnya berjodoh. 

Ikan Sunu


Ikan sunu itu juga saya taunya karena pernah makan di kantor, dan enak. Kalau ga salah nama Jakartanya itu kerapu. Alhamdulillaah, dapat yang besar dan harganya cucok :) Lalu saya beli juga ikan mairo. Ga tau deh mau diapain. Murah soalnya. Hehehe...
   
Ikan Mairo
 Sampai rumah, berbekal ilmu dari Mba Sheren, ikan yang sudah dibersihkan oleh tukang ikan saya bersihkan lagi dengan air lalu saya kasih perasan jeruk nipis yang banyaaaaakk supaya tidak amis. Lalu saya biarkan. Lalu saya keluar rumah, berharap ada tetangga yang bisa kasih nasihat. 

Dari tetangga yang satu dikasih tau kalau sambil dikasih jeruk nipis, sambil dikasih garam juga biar berasa. Baiklah. Dari tetangga yang satu lagi bilang kalau goreng ikan sunu minyaknya harus banyak dan merendam ikannya. Baiklah. Terima kasih, buibu!

Lalu lagi, saya pinjam bb suami untuk bbm-an sama istri temannya tentang cara masak ikan mairo. Haha, ternyata gampang toh. Nanti ya kalau sudah jadi saya share lagi. Insha Allah. :)

No comments:

Post a Comment