Follow Us @farahzu

Thursday, August 9, 2018

Kamu Tidak Sama Dengan Hasilmu

Biasanya, orang akan merasa lebih percaya diri ketika ia sering mengalami keberhasilan atau kesuksesan. Atau sebaliknya, orang merasa tidak percaya diri setelah mengalami kegagalan demi kegagalan dalam hidupnya.

Ada orang yang saking seringnya gagal, menganggap dirinya adalah orang yang gagal; selalu gagal dalam mengusahakan apapun. Percaya dirinya menurun, dia jadi minder, dan membatasi dirinya sendiri untuk terbuka dan melakukan banyak hal lain.

Padahal, kata Coach Ferlita Sari (2018), 
kamu tidak sama dengan hasilmu 
Hasil yang kita peroleh itu tidak selalu menggambarkan diri kita. Kalau kita mengalami keberhasilan, bisa jadi kita tidak sehebat hasil itu. Bisa jadi banyak faktor dan bantuan dari luar yang membantu kita mencapai keberhasilan tersebut. Maka banyak-banyaklah bersyukur atas semua kebaikan yang kita dapatkan.

Atau, bisa jadi, kita bahkan bisa menghasilkan keberhasilan yang lebih hebat daripada yang kita capai saat ini. Maka teruslah berikhtiar, jangan berhenti karena merasa bangga. Kamu tidak sama dengan hasilmu.

Demikian juga, ketika kita mengalami kegagalan dan tertinggal dari yang lain, bukan berarti kita adalah orang yang gagal. Bisa jadi kita punya banyak potensi kekuatan, namun belum ada kesempatan untuk memunculkan itu. Bisa jadi juga ladang tempat kita berusaha itu bukan yang terbaik untuk kita. However, kita selalu memiliki hal baik dalam diri kita. Tinggal bagaimana kita menguatkan diri untuk tetap positif melihat diri sendiri, dengan berfokus pada kebaikan-kebaikan yang kita punya.

Challenging sih ketika kita sedang dihadapkan pada kegagalan, kemudian kita harus mencari-cari hal positif dalam diri kita agar tidak semakin jatuh. Akan sulit memang. Karena itu, kita perlu ikhlas menerima dulu hasil kita saat itu. Kita bisa katakan, saat ini saya memang gagal, tapi saya bukan orang gagal. Selanjutnya saya bisa berhasil. In sya Allah akan lebih mudah untuk kita bangkit, melakukan evaluasi dan perbaikan demi perbaikan.

Karena dengan ikhlas, hati kita berkurang bebannya Sob.
Jangan lupa ya, kita selalu punya hal baik dalam diri kita =) 
bahagia


Sumber gambar: https://www.aliexpress.com/item/new-popular-high-quality-new-designed-branded-stylish-Amusing-Emoji-Emoticon-Cushion-Heart-Eyes-Poo-Shape/32806651174.html

No comments:

Post a Comment