Follow Us @farahzu

Sunday, September 15, 2019

(Home Made) Jelly Drink Sehat Tanpa Gula Pasir; Membantu Diet dan Meredakan Maag Secara Alami

Assalamualaikum!
Siapa di sini yang suka merasa bersalah kalau habis minum/makan yang manis-manis? Saya salah satunya. Meskipun manisnya dari gula asli, tetap saja mengonsumsi gula pasir cukup sering bukanlah kebiasaan yang sehat. Dari berbagai sumber, WHO dan Kemenkes RI menetapkan jumlah aman konsumsi gula pasir adalah maksimal 4 sendok dalam sehari. Takaran ini total ya, jadi baik gula pasir yang terkandung di minuman, makanan, dan kue-kue. Catatan tuh untuk yang suka mengonsumsi minuman kemasan, yang –sudah rahasia umum—mengandung banyak sekali gula. Belum lagi kalau mengandung pemanis buatan 😭😭

Kira-kira sudah lebih dari setengah tahun ini saya hijrah pemanis ke yang in sya Allah lebih sehat. Pengennya sih hijrah ke madu tapi kan kalau full madu lumayan mahal ya hehehe… saya pindah ke gula aren. Menurut sumber yang saya dapat, gula aren (bukan gula kelapa/gula merah) masih baik dikonsumsi 9 sendok makan sehari. Lebih dari 2 kali lipatnya gula pasir ya. Demikian pula indeks glikemik gula aren yang tidak sampai setengahnya gula pasir. Artinya kurang lebih, gula aren tidak cepat diolah jadi glukosa sehingga tidak mudah menaikkan kadar gula dalam darah sebagaimana gula pasir (Sumber1, sumber 2). 

Bikin kopi untuk suami pakai gula aren, bikin teh manis pakai gula aren, bikin teh daun mint pakai gula aren, bikin jelly drink pun sekarang pakai gula aren. Oh ya, gula aren saya dapatkan dari kampung ibu saya di Ciamis. Tapi di pasar tradisional juga biasanya ada yang jual sih. Hati-hati juga karena suka ada produsen yang curang, seperti memasukkan gula pasir ke adonan gula arennya. 

Nah, setelah intro panjang yang mudah-mudahan ada manfaatnya di atas, sekarang saya mau share resep jelly drink sehat dengan gula aren. Jadi minumnya tenang ga ada rasa bersalah sedikitpun hihihi…

Bahan:
- Air 4 - 4,5 liter
- Agar-agar 1 bungkus
- Nutrijell rasa apapun
(ini opsional, untuk tambahan rasa aja). Resep asli dari ibu saya sih tidak pakai nutrijell. Tapi suami penggemar nutrijell jadi dimasukin deh)
- Gula aren secukupnya. Berhubung ukuran cetakan gula aren tidak standar, hehehe… untuk ukuran seperti di foto ini saya pakai 7 butir

gula aren

Caranya, campur semua bahan dan masak sambil diaduk sampai mendidih. Sudah, selesai. Nah, setelah adem, tinggal masukkan jelly drink-nya ke jug atau botol-botol. Kalau jelly-nya menyatu, tinggal dihancurin dengan mengguncangkan botol atau diaduk dengan sendok atau pisau. Jangan lupa masukkan ke lemari pendingin ya!

Udah, gitu doang? Iya gitu doang. Jadi seperti bikin agar-agar jelly biasa tapi airnya banyaaaaaak. Jadi bisa diminum. Ini cocok banget buat orang yang suka malas ngunyah kayak saya ehehehe... Apalagi ketika cuaca panas melanda atau anggota keluarga kegerahan, minum ini yang sudah didinginkan bisa jadi rasa surga deh. Minuman ini juga bisa sangat membantu untuk meredakan asam lambung berlebih dan menyamankan perut bagi para penderita maag/gerd. 
Apalagi jelly drink ini ditambah gula aren. Klop banget untuk meredakan gejala maag bi idznillah.

Selain itu, jelly drink ini tentunya mengandung banyak serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan menunda rasa lapar, serta memberi rasa kenyang lebih lama. Cocok banget juga nih untuk yang ingin menurunkan berat badan. Juga cocok untuk yang sekedar ingin minuman manis tapi tidak ingin menaikkan kadar gula dalam darah. Udaaaah cepetan bikiiiin… hihihi…

Sekian sharing resep sederhana kali ini. Semoga jadi inspirasi menyajikan minuman sehat yang nikmat untuk keluarga yaa.. Bisa juga untuk obat, terserah diniatkan untuk apa. Semoga berpahala. Aamiin. 

Baca Juga: Obat Maag Alami dari Kunyit

No comments:

Post a Comment